Selasa, 13 November 2012

Program Sederhana Menggunakan Aplikasi NetBeans

Tutor ini adalah membuat sebuah animasi lingkaran di NetBeans. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sbb :
1.       Buka aplikasi NetBeans IDE 7.0
2.       Setelah aplikasi terbuka, klik Menu File → New Project. Kemudian pada kotak dialog New Project Pilih Java → Java Application → Next. Pada Project Name tuliskan nama sesuai yg ada inginkan dan klik Finish.
3.       Setelah lembar kerjanya terbuka ketikkan program ini :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package example;
import java.awt.Color;
import java.awt.Font;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Rectangle;
import java.awt.RenderingHints;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.Timer;

/**
 *
 * @author user
 */
public class Example extends JPanel implements ActionListener {

    private double angle = 0;
    Timer timer;
    Rectangle.Float r = new Rectangle.Float(20, 20, 50, 50);

    public Example() {
        timer = new Timer(20, this);//jalankan timer per 20 milisecond
        timer.start();
    }

    @Override
    public void paint(Graphics g) {
        int w = getWidth();
        int h = getHeight();

        Graphics2D g2d = (Graphics2D) g;
        g2d.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_ANTIALIASING, RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
        g2d.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_RENDERING, RenderingHints.VALUE_RENDER_QUALITY);

        g2d.setColor(Color.WHITE);
        Font font = new Font("Vivaldi", Font.BOLD, 50);
        g2d.setFont(font);
        g2d.drawString("Sebuah Animasi : ", 10, 50);
        g2d.drawString("Karya ", 10, 150);
        g2d.drawString("Lilis Silaen", 10, 250);
        g2d.setColor(Color.WHITE);
        g2d.drawString("Animation Never Die ", 900, 620);
         g2d.drawString("  in My Life", 980, 660);


        g2d.setColor(Color.RED);
        g2d.translate(w / 2, h / 2);
        g2d.rotate(angle);//rotasikan sudut sebesar nilai angle
        g2d.fill(r);

        g2d.setColor(Color.black);
        g2d.fillRect(50, 50, 50,50);
        g2d.setColor(Color.yellow);
        g2d.fillRect(80, 80, 50, 50);
         g2d.setColor(Color.green);
        g2d.fillRect(110, 110, 50, 50);
        g2d.setColor(Color.cyan);
        g2d.fillRect(140, 140, 50, 50);
        g2d.setColor(Color.MAGENTA);
        g2d.fillRect(170, 170, 50, 50);
        g2d.setColor(Color.ORANGE);
        g2d.fillRect(200, 200, 50, 50);
        g2d.setColor(Color.BLUE);
        g2d.fillRect(230, 230, 40, 40);

    }

    public static void main(String[] arg) {
        JFrame frame = new JFrame("Transformasi >> Rotasi....");
        frame.add(new Example());
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        frame.setSize(600, 400);
        frame.setLocationRelativeTo(null);
        frame.setVisible(true);
        frame.setBackground(Color.DARK_GRAY);


    }

    public void actionPerformed(ActionEvent e) {
        angle = angle + 0.01;
        repaint();


    }
}
4.       Kemudian Klik Run Main Project atau tekan F6 pada keyboard. Hasilnya akan terlihat pada gambar di bawah ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar